Kamis, 09 Juni 2016

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Ibu Hamil

Lupakan kekhawatiran Anda soal diet. Bagi Anda yang saat ini sedang hamil maka sudah saatnya Anda memperhatikan kebutuhan dua orang; yaitu Anda dan janin Anda. Apa yang Anda makan dapat mempengaruhi kondisi janin selama kehamilan. Untuk itu mari ketahui makanan apa saja yang tidak boleh Anda konsumsi saat hamil.

Telur mentah (atau setengah matang)

Telur mentah (atau setengah matang)

Tidak diketahui pasti apa alasan seseorang makan telur mentah, akan tetapi jika Anda sedang hamil dan hendak makan telur, pastikan telur itu telah dimasak hingga matang. Alasan mengapa telur mentah dan setengah matang perlu dihindari adalah karena telur yang masih mentah mengandung Salmonella. Pada ibu hamil, salmonella dapat menyebabkan kram, diare, dan demam. Meski dalam kasus yang jarang bisa terjadi keguguran, sebaiknya hindari ya Bunda.

Keju lunak

 Pre-packaged meals

Biasanya dingin, keju lunak termasuk pada daftar makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Sekalipun Anda tergoda ingin makan keju, maka kejunya harus dimasak dulu dan makanlah selagi panas.

Pre-packaged meals

 Pre-packaged meals

Pernahkah Anda mengenal bakteri yang disebut Listeria? Jika tidak, maka Anda perlu tahu bahwa bakteri ini menyebabkan penyakit listeriosis. Pada wanita hamil, gejalanya menyerupai flu. Akan tetapi jika bakteri ditransmisi ke bayi yang baru lahir, maka dapat menyebabkan keguguran atau bayi lahir prematur. Makanan yang tidak dikemas dengan baik benar-benar harus dihindari karena mengandung listeria. Ucapkan selamat tinggal pada salad, sandwich dan pre-packaged meals lainnya. Lebih baik Anda makan di rumah, selain lebih hemat juga kebersihannya terjamin.

Daging mentah (kurang matang)

daging mentah, daging sapi, daging kurang matang, steak

Apakah Anda suka daging yang kurang matang? Mulai sekarang Anda tidak bisa menuruti selera Anda selama 9 bulan ke depan, karena daging mentah dan kurang matang termasuk makanan yang perlu dihindari oleh ibu hamil. Selain berkemungkinan mengandung Salmonella, makanan ini juga dapat menyebabkan toxomaplais yang dapat memicu kerusakan otak janin.

Hindari jenis ikan tertentu

ikan lele, pecel lele, lele goremg

Ibu hamil sementara gak boleh makan ikan lele ^_^
Ikan merupakan bagian dari menu diet yang sehat, termasuk pada ibu hamil. Namun jenis ikan tertentu seperti ikan lele dan ikan tuna diketahui mengandung merkuri yang tinggi karenanya harus dihindari ibu hamil. Tingkat merkuri yang tinggi dapat menghambat perkembangan bayi yang belum lahir.

4 komentar

mungkin mas kalo mau makan ikan lele. ikan lelenya harus dipiara di kolam sendiri biar ga ada mercurynya

wah, ternyata ikan lele termasuk makanan yang tidak dianjurkan untuk ibu hamil ya mas, terima kasih atas informasinya ya :D

Kalau begitu sih entah diperbolehkan atau tidak, saya belum dapat ilmunya :)

Ya mas, semoga bermanfaat :)

Silahkan berkomentar, dilarang pasang link aktif dan spam
EmoticonEmoticon